Laman

Sabtu, 14 Agustus 2010

Resmi, Rusia Suplai Bahan Bakar Reaktor Iran


13/08/2010 - 20:29

INILAH.COM, Moskow - Pemerintah Rusia akan segera mengisi bahan bakar untuk reaktor nuklir Iran, per 21 Agustus mendatang.

"Mengisi bahan bakar nuklir itu merupakan bagian dari langkah memulai penggunaan pembangkit tenaga di Bushehr, Iran. Namun begitu, tanggal itu bukan berarti tanggal operasionalnya," demikian seorang jubir badan nuklir Rusia, seperti dilansir VOA News, Jumat (13/8).

Selama ini, Rusia membantu Iran membangun reaktor nuklir. Posisi Moskow dalam program nuklir Teheran makin dikukuhkan dalam berbagai langkah yang dilakukan beberapa waktu terakhir. Barat yang dipimpin AS, menuding Iran berusaha membuat senjata nuklir.

Iran terus menyangkal dan bersikeras program mereka bertujuan damai dan hanya mencari energi alternatif semata. Bulan lalu, Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengimbai Iran untuk menjelaskan program nuklirnya secara transparan. Serta bekerjasama dengan komunitas internasional.

Rusia juga ikut menyetujui sanksi keempat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kepada Iran, karena menolak memberhentikan program pengayaan uranium mereka. [mah]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar